Puing sampah lewati stasiun antariksa internasional

Moskow (ANTARA News) - Puing sampah angkasa melewati Stasiun Antariksa Internasional (ISS) pada Sabtu sehingga memaksa para awak melakukan evakuasi di pesawat penyelamat, lapor Badan Antariksa dan Aeronautika Nasional (NASA).

Puing "dengan aman lewat di depan ISS", jelas badan antariksa Amerika Serikat itu dalam jejaring sosial Twitter, lapor RIA Novosti.


Sebanyak enam awak diberitahu keadaan sudah aman untuk kembali kepada tugas normalnya.


NASA menjelaskan sampah tersebut merupakan sisa tabrakan satelit komunikasi militer Comsos 2251 milik Rusia yang sudah tidak berfungsi dengan pesawat antariksa komersial Iridium milik AS pada Februari 2009.


Sementara itu pesawat antariksa Soyuz digunakan untuk mengantar awak dari dan menuju ISS "baik bagi misi yang berakhir normal maupun sebagai pesawat penyelamat", jelas NASA.


Sebelum masuk ke dalam kapsul, para awak --terdiri dari dua warga Amerika, tiga warga Rusia dan astronot asal Belanda-- menutup seluruh lubang palka di ISS.


NASA sebelumnya mengatakan puing itu diperkirakan melewati ISS dengan jarak 14,8 kilometer di bawahnya.


Hal tersebut merupakan kali ketiga para awak ISS diminta melakukan prosedur yang sama terkait kejadian serupa pada 2009 dan 2011. (B019) Editor: B Kunto Wibisono





Simak artikel aslinya disini

Popular posts from this blog

Video Porno Whitney Houston Segera Beredar?

Gerindra: Janji Mundur Cagub DKI Tak Perlu Dipercaya

Ulama yang Pernah Jadi Guru Agama SBY Meninggal Dunia